Cerita dari Relawan Literasi Buku Bagi NTT Regio Belu

Berbagi buku merupakan salah satu bagian dari kegiatan literasi. Saya disini berbicara sebagai relawan literasi dari Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam gerakan Buku Bagi NTT (BBNTT), sekilas mengenai BBNTT dapat dilihat pada flyer. Semua ini berawal dari kepedulian bahwa betapa penting buku di zaman serba digital.  Apakah kalian sering melihat orang disekitarmu membaca buku? Seberapa sering kalian mendengar orang tua bercerita bahwa dia mendongeng atau bercerita untuk anaknya?  Dan seberapa sering kita membaca dan memahami isi sebuah buku? Pertanyaan-pertanyaan ini saya tanyakan sendiri pada diri saya dan saya tidak menemukan jawaban yang memuaskan.

Peranan buku yang menjawab semua pertanyaan saya tersebut, bahkan banyak pertanyaan lain diluar sana. Oleh karena itu, sebaiknya buku dikenalkan kepada anak-anak sejak dini. Buku sangat penting bagi anak-anak karena di dalam buku banyak hal yang dipelajari, anak-anak bukan hanya membaca, mereka pun memahami bacaan yang dibaca dan menuliskan kembali. Semua kegiatan itu disebut literasi dan tidak hanya untuk anak-anak tapi untuk kita semua, literasi merupakan kegiatan tidak mengenal umur dan bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Literasi juga merupakan keahlian yang dibutuhkan dalam semua bidang ilmu dan pekerjaan.

Foto ini merupakan kegiatan Lapak Baca Gratis pada 21 April 2018 yang dilakukan oleh Buku Bagi NTT Regio Belu di depan Perpustakaan Kota Atambua

Kegiatan literasi ini berlaku untuk semua usia, maka harapan anak-anak disini adalah semoga semakin banyak kakak-kakak yang dapat menfasilitasi kegiatan literasi ini, baik dalam bentuk buku, alat dan bahan yang mendukung kegiatan literasi serta kakak-kakak sendiri dapat terjun lansung untuk bergerak dilapangan. Kami juga berharap gerakan yang sudah dilakukan oleh kakak-kakak tidak hanya dalam 1 atau 2 kali, tapi harus bisa terus berlanjut dan ditularkan kepada semua orang.

Ini merupakan Kelompok Belajar Oan Lidak, Fatubiti di Atambua, yang juga merupakan salah satu kelompok belajar dalam list Buku Bagi NTT Regio Belu. Sebagian buku-buku yang didonasikan sudah kami berikan kepada kelompok belajar ini pada 22 April 2018.

Setiap buku pasti punya kaitannya dengan anak, sehingga anak harus membaca buku yang sesuai dengan usianya dan dibantu oleh kakak-kakak/ orang tua sebagai fasilitator untuk menjelaskan arti dari buku tersebut jika anak yang melihat dan membacanya belum bisa memahaminya. Buku bergambar sangat menyenangkan untuk anak-anak PAUD dan TK, mereka memahami isi cerita dari gambar yang mereka lihat, selain itu buku cerita, buku mewarnai, buku sains, komik, ensiklopedia, buku pelajaran dan buku pengetahuan juga merupakan buku-buku yang sangat menyenangkan untuk anak-anak, mereka dapak mengjelajahi dunia lewat buku-buku tersebut, bahkan puzzle-puzzle sains juga membawa warna tersendiri dalam literasi.

Kami dari Buku Bagi NTT Regio Belu mengucapkan terima kasih untuk kakak-kakak alumni VDMS RR Jabodetabek yang telah mendonasikan bukunya. Salam literasi.

April 2018
Casmira De Araujo

 

Leave a comment

Blog at WordPress.com.

Up ↑